Home » , » Komponen Ekosistem (Biotik dan Abiotik)

Komponen Ekosistem (Biotik dan Abiotik)

Ekosistem adalah kesatuan interaksi antara mahluk hidup dengan lingkungannya. ilmu yang mempelajari ekosistem disebut ekologi. kumpulan ekosistem di permukaan bumi ini meliputi atmosfer, daratan, dan air disebut biosfer. komponen-komponen pembentuk ekosistem sebagai berikut.

  • Komponen Abiotik
    Komponen abiotik atau komponen tak hidup adalah komponen fisika dan kimia yang merupakan medium atau substrat tempat berlangsungnya kehidupan, atau lingkungan tempat hidup. komponen abiotik antara lain air, tanah, batu, suhu, udara, mineral, dan cahaya.
  • komponen Biotik
    Komponen Biotik adalah komponen yang menyusun ekosistem yang terdiri dari mahluk hidup. berdasarkan peran dan fungsinya, mahluk hidup dibedakan menjadi berikut.
    - Produsen
    produsen adalah golongan mahluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri. golongan ini adalah semua tumbuhan yang mempunyai zat hijau daun (Klorofil). dengan bantuan sinar matahari, tumbuhan melakukan fotosintesis yang menghasilkan karbohidrat dan oksigen.
    - Konsumen
    Konsumen adalah kelompok mahluk hidup yang tidak dapat membuat makanannya sendiri. kelompok ini meliputi semua hewan dan manusia. setiap hewan yang memakan tumbuhan secara langsung disebut konsumen tingkat I, hewan yang memakan konsumen tingkat I disebut konsumen tingkat II,dan seterusnya
    - Pengurai
    Pengurai bertugas menguraikan kembali zat yang terdapat dalam mahluk hidup yang sudah mati. mahluk hidup yang berperan sebagai pengurai adalah bakteri dan jamur yang bersifat saprofit (Hidup pada sampah atau sia mahluk hidup)

0 komentar:

Posting Komentar

Translate to

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
 
Support : TWITTER | FACEBOOK | BLOG
Copyright © 2013. Selamat Datang ! Di Kawasan Super Lengkap - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger